Tanaman serap polusi lebih banyak dari perkiraan


Sumber: Discovery News

Pohon ternyata memiliki kemampuan menyerap polutan di udara lebih banyak daripada perkiraan. Demikian hasil penelitian kolaborasi antara ahli genetika tumbuhan dan ilmuwan yang mempelajari udara. Hasil penelitian ini akan dilaporkan pada Science Express edisi 21 Oktober.

Untuk melakukan penelitian ini, Thomas Karl dari National Center for Atmospheric Research, Amerika Serikat, meletakkan suatu alat berukuran mesin cuci di beberapa hutan terpencil di seluruh dunia. "Tujuan kami menganalisis udara di tempat terpencil adalah untuk mendapatkan gambaran yang benar-benar natural," kata Karl.

Penelitian itu mengungkapkan kalau tanaman yang secara berkala memperbarui daunnya menyerap sepertiga polutan, yang sudah tercampur dengan oksigen, lebih banyak. Polutan tersebut biasanya dihasilkan oleh hasil pembakaran.

Hasil penelitian ini berguna untuk mengetahui berbagai isu lingkungan di seluruh dunia. Hasil ini juga bisa dipakai untuk membangun model sistem Bumi yang berkaitan dengan pemanasan global. "Bisa juga dipakai sebagai model untuk membersihkan udara kota," kata Chhandak Basu dari University of Northen Colorado, Amerika Serikat, kepada Discovery News.

analisa
Dear teman2 ku sekalian bumi kita ini sudah semakin rusak yang diakibatkan oleh polusi, pencemaran, serta pembalakan liar yg masih sering terjadi dibumi kita ini..tentu semua ini belum terlambat mari  kita generasi muda mulai memikirkan untuk lebih menjaganya buat nanti adik-adik, anak, cucu , generasi penerus kita .. marilah kita tanam pohon , tumbuhan2 apapun itu untuk menjaga bumi kita ini.
Goooooo.. Greennn.. Save The Earth..

1 komentar:

Merry Len Walker mengatakan...

dear ceceku... infonya keren deh... mank kita harus menjaga bumi kita tercinta. cara paling gampang ya tanam pohon... buang sampah pada tempatnya... kalau kita tidak menjaganya dari sekarang kasihan anak cucu kita karena mereka tidak dapat menikmati alam yang sejuk dan rindang lagi. -.-